Selasa, 15 Mei 2012

Hidup untuk Berubah

Tidak terasa hari begitu cepat berlalu, hari sabtu ini usia kita bertambah 1 hari, 1 minggu, 1 bulan dari bulan minggu dan hari-hari kemarin. Begitupula peluang kita untuk menikmati keindahan dunia juga berkurang. Ada sebuah pertanyaan “apakah ada perubahan dalam diri kita seiring bertambahnya hari ?”. Kali ini saya mencoba membahas tentang “perubahan”, perubahan seperti apa sich yang diharapkan ? pastilah perubahan yang mampu membawa kondisi yang lebih baik, baik itu segi materi maupun perilaku diri. Perubahan yang akan membawa kita kearah kemenangan.
Perubahan itu adalah perubahan tingkah laku dari yang jelek menjadi baik, perubahan materi dari kurang menjadi berkecukupan, perubahan mindset diri tidak biasa menjadi luar biasa dan lain-lain.
Menurut beberapa orang tokoh perubahan mempunyai beberapa pengertian antara lain :
1. Perubahan merupakan sesuatu yang unik karena perubahan-perubahan yang terjadi dalam berbagai kehidupan itu berbeda-beda dan tidak bisa disamakan walaupun memiliki beberapa persamaan dalam prosesnya. [Neni Nurmayanti]
2. Perubahan merupakan suatu kekuatan yang sangat hebat, yang dapat memotivasi seseorang [Brian Clegg]
3. Perubahan adalah keniscayaan yang menyertai kehidupan, dapat terjadi dimana saja, kapan saja, dan menimpa siapa saja. [AB Susanto]
4. Perubahan adalah bagian terbesar dari kenyataan bisnis [Vincent Gaspers]
5. Perubahan adalah pertumbuhan, perubahan adalah kesempatan dan perubahan adalah peningkatan potensi.[Jane Flagello].
6. Perubahan adalah hasil suatu masyarakat yang mencari cara memecahkan masalah yang diciptakan oleh perubahan dalam lingkungannya.[Catero MGH]
7. Perubahan merupakan kunci inovasi dan kunci yang akan datang, yang dasarnya adalah teori perubahan.[Russel Swanburg].
8. Perubahan merupakan hasil interaksi kepentingan yang secara ketat dikontrol, bahakan ditentukan oleh posisi sosial atau kondisi materiil elit yang terlibat.[Ramlans].
Dari pengertian “perubahan” diatas dapat disimpulkan perubahan itu merupakan kondisi kearah yang lebih baik.
Seperti perubahan :
• Tukang bohong, menjadi Jujur
• Tukang Selingkuh, menjadi setia
• Tukang Malas, menjadi Giat dan Rajin
• Tukang Korupsi, menjadi amanah ,
• Dan contoh perubahan lain yang intinya dari jelek menjadi baik.
Setiap manusia diwajibakan untuk mengubah kondisinya dari sebuah kondisi yang terpuruk menuju ke kondisi yang baik. Sudahkah kita mengubah diri kita ? mari bercermin..agar ada gambaran diri.
Perubahan setiap insan manusia adalah perubahan untuk senantiasa ta’at kepada aturan yang digariskan Tuhan yang ada pada ajaran agama agar perubahan kita tidak sia-sia, yang kelak akan membawa kita meraih kebahagiaan dunia dan akhirat.
Untuk mewujudkan perubahan tersebut adalah dengan berupaya aturan-aturan Tuhan ditengah-tengah kehidupan kita dengan mengamalkannya langsung serta menyebarkannya ke sanak saudara, teman, serta lingkungan sekitar yang tidak tahu mau dibawa kemana hidupnya.
“Hari ini harus lebih baik dari yang kemarin, maka itulah orang-orang yang beruntung” sebuah kutipan kalimat nasihat yang patut dijadikan renungan. Setiap manusia tak luput dari salah dalam mengarungi hidup ini, kesalahan ini terjadi dikarenakan manusia cenderung melupakan aturan Tuhan.
Perubahan sejati dari kejelekkan kearah kebaikan akan menunai kebahagiaan hakiki.
Sedikit coretanku kali ini semoga membawa manfa’at bagi kita semua agar kita sadar tak selamanya kita muda namun waktu akan memakan kemuda-an kita.
Tak jaman lagi “ Masa muda hura-hura, masa tua bahagia” karena pepatah ini adalah pepatah orang yang tidak mau mempunyai tujuan hidup dimasa depan.
Message : Sesungguhnya Tuhan tidak akan merubah suatu keadaan manusia, sehingga manusia merubah keadaan yang ada pada dirinya sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar