Selasa, 15 Mei 2012

Tips Buat Yang Pengen Nulis

Berikut ada beberapa tips buat kamu yang pengen nulis atau jadi penulis.

1.Tulis ide kamu, di manapun dan kapanpun. Berarti kemanapun kamu pergi, pastikan ada sebuah buku catatan kecil (notebook) yang selalu siap sedia digunakan untuk mencatat inspirasi yang muncul tiba-tiba.
2.Tentukan waktu menulis setiap hari. Nggak perlu lama-lama kok, 30 menit juga cukup :). Walaupun kamu lagi merasa buntu dan males banget, kamu tetap harus mematuhi jadwal ini. Lama-kelamaan kamu akan terlatih dan semakin lancar menulis.
3.Belajar dari buku apapun yang kamu baca, bahkan buku yang kamu anggap tidak bagus, baca ulang buat mempelajarinya. Kamu ambil kelebihan buku itu untuk kamu terapkan. Sebaliknya, hindari hal-hal yang membuat buku kamu tidak bagus seperti buku yang kurang menarik itu.
4.Jangan terpaku sama jenis bacaan kesukaan kamu. Saat menulis, biarkan inspirasi kamu mengalir tanpa terikat satu jenis tulisan tertentu. Dengan begitu gaya penulisan kamu yang sebenarnya akan terlihat dan kamu juga bisa menulis lebih bebas.
5.Berhenti memikirkan tulisan kamu terus-menerus. Hal ini cuma akan bikin kamu nggak pernah puas dan terus-terusan mengkritik tulisan kamu sendiri. Tentukan juga waktu yang pas buat memikirkan dan membahas tulisan kamu. Dijamin deh, ide akan datang lebih lancar, dan kamu juga akan lebih sukses menulis.
6.Jangan pamerkan tulisan kamu ke siapapun sebelum selesai. Menerima kritikan di tengah jalan bisa menyurutkan ide. Selesaikan dulu tulisan kamu, baru mulai memamerkannya ke orang lain dan siap menerima masukan.
7.Ada saatnya kamu merasa ga mood menulis pada awalnya. Jangan manjakan feeling ini dan paksa diri kamu untuk memulai. Tapi kalau nggak punya self-discipline, kamu nggak akan pernah berhasil menjadi seorang penulis.
8.Jangan memperbaiki tulisan sebelum kamu berhasil menulis dengan disiplin. Kalau kamu berhasil lancar menulis di jam yang kamu tentukan selama dua bulan, baru deh kamu mulai membaca ulang tulisan kamu, dan memperbaikinya. Tujuannya supaya kamu nggak berhenti di tengah jalan.
9.Cari teman menulis. Mungkin teman di internet yang bisa kamu ajak tukar pikiran tentang tulisan kamu. Akan lebih baik lagi teman menulis ini adalah seseorang yang pendapatnya kamu hargai, dan dia sudah lebih dulu berhasil menulis. Pasti kamu akan lebih termotivasi.
10. Gabung dengan komunitas nulis supaya semangat nulisnya terjaga, saling berbagi pengalaman, dan ide juga, serta dapat masukan terhadap tulisan kita.
Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar